Rabu, 07 Maret 2012

Final Project

halo gan,, selamat malam,, ngeblog lagi nih gw..
kalo yang ini buat tugas akhir makul Lingkungan Bisnis nihh,, jadi gw rada formal aja bahasanyaa /XD
Gw disuruh bikin blog, tapi isinya bebass.. jadi gw pikir, daripada buat lagi, mending ini aja... biarpun blog gw isinya cuma curhatan doang .. /wahaha
Tapi gakpapa, kan bebass... /nobigdeal
Gw sebenernya bingung ama ni tugas.. mau nulis yang kek gimana ya bagusnya,, dan akhirnya setelah gw berpikir ampe otak gw bunyi --------tiiitttttttttt-------> akhirnya gw putusin buat nulis tentang Final Project aja. /dignose



hmm.. Final Project, adalah sebuah tugas akhir dari suatu mata kuliah (bagi yang udah kuliah). Setiap mata kuliah pasti ada sesi pengambilan nilai akhir, disebut juga Final Project.
Final Projectnya sendiri tentunya berbeda di masing-masing mata kuliah, tergantung dosen yang mengampu.
Final Project identik dengan tugas-tugas yang banyak,  bisa dibilang susah juga. Namun, sebenarnya apakah tujuan dosen memberikan Final Project kepada mahasiswa ?

Tujuannya bukan hanya untuk nilai, tapi lebih kepada ilmu. Banyak mahasiswa yang menganggap Final Project (FP) ini hanya untuk mengangkat nilai mereka. Lalu mereka lakukan segala cara agar FP mereka selesai, dan memuaskan. Baik dengan cara langsung ambil di internet, atau copas milik kakak angkatan. Namun sebenarnya mereka kehilangan point penting dalam pengerjaan FP tersebut. Yaitu ilmu dan pengalaman.
Tujuannya agar mahasiswa bisa punya banyak ilmu dan pengalaman. Dengan ilmu dan pengalaman, cara berfikir mereka dalam menghadapi suatu masalah akan lebih terarah. Dan semua proses itu disebut dengan  B E L A J A R


FP biasanya diberikan dalam deadline yang cukup lama, sekitar 2 mingguan. Tapi kebanyakan mahasiswa baru menyentuh pekerjaan itu sekitar 1-3 hari sebelum deadline. Dan hebatnya mereka, FP pun selesai juga. Entah mereka dapat ilmunya atau tidak. Yang mereka pikirkan hanyalah "yang penting mengumpulkan". Tapi,, banyak juga yang sudah paham tentang arti sebenarnya FP ini.
Dan dengan diberikannya FP, berarti mata kuliah tersebut sudah mencapai tahap akhir. Dimana nilai-nilai mahasiswa akan di akumulasikan dengan nilai UAS mereka mendatang. FP berakhir, dan UAS pun akan menghampiri kita.

Di Final Project kali ini, saya diberikan tugas untuk membuat blog bebas. Saya sudah melihat beberapa blog teman saya yang menyuguhkan artikel bertema di blognya. Sangat menarik menurut saya. Dan ada juga yang mempromosikan tentang obyek wisata di kota mereka. Semua terlihat umum dan terkesan formal. Lalu saya memberanikan diri saya untuk memakai blog ini yang kebanyakan berisi sampah curhatan dan ditambah dengan artikel ini. Kenapa? karena saya ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari teman yang lain. Blog yang ditugaskan temanya bebas, dan apa salahnya kalau saya memakai blog saya ini. Biarpun bahasanya campuran dan terkesan agak sedikit berlebihan, tapi setidaknya ini murni tulisan saya.
Banyak inspirasi yang membuat saya berani menulis blog berisi curhatan ini, salah satunya yaitu seorang Raditya Dika. Semua pasti sudah tau siapa dia, dia adalah seorang penulis yang punya karakter "bertingkah bodoh" tapi penuh inspirasi. Banyak juga teman-teman saya yang menulis demikian, kalau mereka bisa kenapa saya tidak.
Tapi yang terpenting, setiap tulisan setidaknya ada suatu makna yang terkandung didalamnya. Walaupun dengan bahasa yang sedikit berbeda, namun saya harap semua pihak bisa mengerti maksud dari setiap artikel. Karena tujuan dibuat suatu artikel adalah agar pesan yang ada didalamnya bisa tersampaikan kepada pembacanya. /peace

Nilai itu mutlak, tapi ilmu lebih kuat. Lebih baik mengulang agar kita paham benar tentang makul yang bersangkutan, daripada lulus dengan nilai baik namun tanpa pemahaman yang pasti. Maka saran saya, kuliahlah sepaham mungkin, agar kelak ketika masa mahasiswa kalian habis, kalian jadi orang yang berkualitas. Tentunya sejalan dengan bidang yang kalian kuasai.




/bye



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ratings and Recommendations by outbrain