Minggu, 21 Oktober 2018

Muhasabah diri ~

Hai
Gue pengen cerita
Tentang hidup gue yang benarbenar penuh pembelajaran.

Pernah denger kata karma ?
Kalo dalam agama gue bukan karma sih, tapi yang jelas apapun yang kita lakukan, akan ada balasannya.
Gue punya pengalaman pribadi yang entah seberuntung itukah gue, atau emang semua orang juga ngerasain hal yang sama.


Pernah gak sih ketika kita nglakuin sesuatu ke orang, dan besoknya lu dibales ?
Gue pernah, berasa cuma jokes, dengan entengnya gue lakuin itu ke temen gue. temen gue biasa aja. gue pikir fine.
Dan besoknya, gue digituin sama temen gue yang lain. dan disitulah gue ngerasa itu gaenak.
Gue mulai sadar akan skema hidup gue yang deket sama hal beginian.
Setelah gue pikir pikir, mungkin ini cara Tuhan buat ngasih tau ke gue, tentang manfaat dari apa yang gue lakuin. Yang otomatis jadi koreksi diri gue sendiri, yah.. muhasabah diri :)



Belakangan gue lagi seneng, banget..
Ada dia, kenalan yang bisa sebaik itu sama gue, dan bikin baper mampus.
Namanya Anggita, seorang pengusaha yang super sibuk tapi kalo pas selo ya selo seseloselonya.
Dia dateng di kehidupan gue begitu singkat.. Yang dari awalnya gue usaha cari kontak dia, sampe setahun baru direspon, dan bisa sedeket itu.
Belom genap sebulan, gue coba jelasin ke dia, kalo gue udah bukan waktunya mainmain lagi. jadi pengen serius.
Dia bilang belom siap. Berdalih dia bukan orang yang tepat buat gue.
Seketika dia bikin sebuah tekateki bercabang yang bikin gue gabisa tidur.
Dan singkat cerita dia ngejauh dengan permainan dia yang gue sebut "playing victim"
Selalu beralasan bahwa gue gapapa. tapi anak kecil juga bisa ngerasain bahwa dia ngejauh.
Semua usaha udah gue lakuin buat minta kejelasan ke dia. Tapi gak ada hasil, yang ada gue kayak orang bego yang ngemis cinta ke dia, berharihari.
Gue dicuekin. Di bodoamatin, tanpa tau kesalahan gue apa.
Inget banget dia selalu cerita tentang kakaknya yang egois dan kurang peka sama tanggung jawab.
Keluhan tentang kakaknya yang selalu dia tekankan bahwa benci dengan tipe orang seperti itu.
Terus yang dia lakuin ke gue itu apa namanya ?
Seenggaknya kasih gue kejelasan dimana salah gue. Kalo ada masalah itu diobrolin, bukan malah acuh gini. Bukan kah itu inti dari sebuah hubungan ? Tapi itupun kalo dia nganggep kita ada hubungan. yah...

Dari kejadian itu gue mulai soktau ngerangkai semua clue dari tekateki yang dia buat.
Kata dia yang dia bukan orang baik buat gue yang jadi pikiran gue sampe sekarang.
Apa emang dia yang bermain dibelakang gue ? Sebegitu tega kah seorang wanita pengusaha muda yang merangkak dari bawah sampe sekarang bisa sukses melakukan semua itu ?
Gak MAKE SENSE !
Tapi apa ? Apa yang bisa gue tarik dari semua kejadian ini ? dimana salah gue
Dari situ gue tarik lagi kebelakang. Apa dulu gue pernah ngelakuin ini ke orang lain ?
Gue rasa enggak, tapi gue gatau kalo gue gasengaja pernah beginiin orang. Karena hati orang siapa yang tau.
Yang sekarang bisa gue pahami adalah, dia pasti punya alasan. Dan gue belom waktunya tau hal itu. Terlepas dari benar salahnya siapapun.
Gue ambil hikmahnya, mungkin gue dikenalin sama rasa sakit ini biar suatu saat gue bisa lebih baik dalam memperlakukan orang.
Yahh disinilah pentingnya Muhasabah diri. Mengkoreksi diri mungkin ini dosa gue dimasa lalu yang gue gasengaja lakuin.

Jadi pesen buat kalian, jangan terlalu egois, hati hati dengan perasaan orang lain, bebenah dirilah, dan.. jangan takut menjadi baik, karena yang baik akan dipertemukan dengan yang baik juga. InsyaAllah..


NB : sejatinya, jika setiap orang ketika dipertemukan dengan orang yang salah bisa berfikir bahwa "mungkin dia bukan yang terbaik buat gue", gada yang saling menyakiti kali ya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ratings and Recommendations by outbrain